Sabtu, 14 Januari 2012

Kurikulum AKOMONDASI PERHOTELAN

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
PROGRAM KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN




Struktur Kurikulum
NO
KOMPONEN
DURASI
WAKTU (JAM)
A
A1.    MATA PELAJARAN KELOMPOK NORMATIF
A1.1  Pendidikan Agama
A1.2  Pendidikan Kewarganegaraan
A1.3  Bahasa Indonesia
A1.4  Penjas, Olahraga dan Kesehatan
A1.5  Seni Budaya

228
228
228
228
152
A2.    MATA PELAJARAN KELOMPOK ADAPTIF
A2.1  Bahasa Inggris
A2.2  Matematika
A2.3  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
A2.4  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
A2.5  KKPI
A2.6  Kewirausahaan

456
456
228
152
228
228
A3.    MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF
A3.1  Dasar Kejuruan Akomodasi Perhotelan
a.       Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
b.       Bekerja dilingkungan yang berbada secara sosial
c.       Mengikuti prosedur kesehatan, kesalamatan, dan keamanan kerja di tempat kerja
78
A3.2  Kompetensi Kejuruan Akomodasi Perhotelan
a.       Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
b.       Bekerja dilingkungan yang berbada secara sosial
c.       Mengikuti prosedur kesehatan, kesalamatan, dan keamanan kerja di tempat kerja
d.       Mengembangkan dan memperbaruhi pengetahuan industri perhotelan
e.       Berkomunikasi melalui telephone
f.        Menerima dan memproses reservasi
g.       Menyediakan layanan akomodasi Reception
h.       Menyediaka jasa Porter
i.         Membersihkan lokasi lokasi/area dan perhotelan
j.        Menyiapkan kamar tamu
k.       Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu
l.         Menangani linen dan pakaian tamu
1748
B
MUATAN LOKAL
a.       Bahasa Jepang
b.       Bahasa Perancis

78
78
C
PENGEMBANGAN DIRI
78
D
TOTAL
4872



Tujuan Program Keahlian  Akomodasi Perhotelan
Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
a.       Melaksanakan pekerjaan di lingkup front Office sebagai Reception, Reservation, telephon operator dan porter
b.       Melaksanakan pekerjaan di lingkup housekeeping sebagai Public Area
Ateendent, Room Atendent, Order Taker, Linen dan Attendent dan Loundry Attendent.

Kompetensi Dasar Kejuruan Akomodasi Perhotelan
a.       Mampu Berkerja dengan Teman Kerja dan Pelanggan
b.       Mampu Berkerja dilingkungan yang  berbeda secara sosial
c.       Mengikuti Procedure Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di temapt kerja
d.       Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan Industri Perhotelan
Kompetensi Kejuruan Akomodasi Perhotelan
a.       Mampu Berkomunikasi Melalui Telepon
b.       Menerima dan memproses Resrvasi
c.       Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
d.       Menyediakan Jasa Porter
e.       Membersihkan Lokasi/Area dan peralatan
f.        Menyiapkan Kamar Tamu
g.       Menyediakan layanan Housekeeping untuk Tamu
h.       Menangani Linen dan Pakaian Tamu


DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
Diagram pencapainan kompetensi program keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Bandar Lampung.
Diagram ini menunjukkan  tahapan  atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan  serta kemungkinan multi entri multi exit yang dapat diterapkan :

 

Keterangan:

NO
KODE KOMPETENSI
KOMPETENSI
1
ITHHCOR01AIS
Berkerja dengan Teman Kerja dan Pelanggan
2
ITHHCOR02AIS
Berkerja dilingkungan yang  berbeda secara sosial
3

ITHHCOR03AIS

Mengikuti Procedure Kesehatan, Keselamatan,dan
Keamanan di temapt kerja
4

ITHHCO01AIS

Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan
Industri Perhotelan
5
ITHHBFOC07AIS
Berkomunikasi Melalui Telepon
6
ITHHBFOC01AIS
Menerima dan memproses Resrvasi
7
ITHHBFOC03AIS
Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
8
ITHHBFOC10AIS
Menyediakan Jasa Porter
9
ITHHBHKG02AIS
Membersihkan Lokasi/Area dan peralatan
10
ITHHBHKG03AIS
Menyiapkan Kamar Tamu
11
ITHHBHKG01AIS
Menyediakan layanan Housekeeping untuk Tamu
12
ITHHBHKG05AIS
Menangani Linen dan Pakaian Tamu
I              = International
THH        = Tourism Hotel & Hospitality
BFOC      = Basic Front Office
BHKG      = Basic House Keeping
AI            = Australia Indonesia
COR        = Common Core (Inti Umum)

Kurikulum USAHA JASA PARIWISATA

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
PROGRAM KEAHLIAN USAHA JASA PARIWISATA



Struktur Kurikulum
NO
KOMPONEN
DURASI
WAKTU (JAM)
A
A1.    MATA PELAJARAN KELOMPOK NORMATIF
A1.1  Pendidikan Agama
A1.2  Pendidikan Kewarganegaraan
A1.3  Bahasa Indonesia
A1.4  Penjas, Olahraga dan Kesehatan
A1.5  Seni Budaya

228
228
228
228
152
A2.    MATA PELAJARAN KELOMPOK ADAPTIF
A2.1  Bahasa Inggris
A2.2  Matematika
A2.3  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
A2.4  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
A2.5  KKPI
A2.6  Kewirausahaan

456
456
228
152
228
228
A3.    MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF
A3.1  Dasar Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
a.       Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Custumer Care)
b.       Melakukan pekerjaan dalam lingkungan yang berbeda (Custumer Care)
c.       Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tampat kerja
d.       Menangani situasi konflik
e.       Mengikuti prosedur higienes di tempat kerja
78
A3.2  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
a.       Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
b.       Berkomunikasi melalui telephone
c.       Bekerja sebagai pemandu wisata
d.       Memberikan bantuan layanan transfer keberangkatan/kedatangan
e.       Mengembangkan dan memelihara pengetahuan umum yang diperlukan oleh pemandu wisata
f.        Mengkoordinasikan dan mengendalikan perjalan wisata
g.       Memimpin rombongan wisata
h.       Menyiakapkan dan mempresentasikan komentar pemanduan pada perjalanan wisata
i.         Mengelola perjalanan wisata lebih dari satu hari
j.        Mengalokasikan sumber dana perjalanan wisata
k.       Melakukan pengecekan pra-keberangkatan perjalanan wisata
l.         Menerima dan memproses reservasi
m.     Mengoperasikan sistem reservasi komputer
n.       Menghitung harga dan menerbitkan tiket penerbangan domestik
o.       Mengitung harga dan menerbitkan penerbangan normal internasional
1748
B
MUATAN LOKAL
a.       Bahasa Jepang
b.       Bahasa Perancis

78
78
C
PENGEMBANGAN DIRI
78
D
TOTAL
4872



Tujuan Program Keahlian  Usaha Jasa Pariwisata
Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
a.        Menerima dan memproses reservasi sesuai dengan permintaan pelanggan.
b.        Menghitung harga tiket penerbangan domestik  dan internasional sesuai dengan ketentuan IATA.
c.        Menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional secara manual maupun komputerisasi sesuai ketentuan IATA
d.        Mengurus dokumen perjalanan lain, seperti; visa, pasport, PTA dan lain lain.
e.        Melaksanakan tugas sebagai pemandu  wisata pada perjalanan wisata
f.         Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata di obyek/atraksi wisata
g.        Melaksanakan layanan transfer
h.        Menghitung harga paket prjalanan wisata
i.          Menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata
j.         Menjual produk perjalanan wisata
k.        Melaksanakan tugas sebagai petugas tata operasi darat (Ground Handling)
l.          Melaksanakan tugas sebagai pengelola informasi wisata
Kompetensi Dasar Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
a.       Memberikan layanan secara prima  kepada pelanggan (Customer  Care) Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda (Customer Care)
b.       Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat   kerja
c.       Menangani situasi konflik
d.       Mengikuti prosedur higienes di tempat kerja
Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
a.        Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri   pariwisata 
b.        Bekomunilkasi melaui telephon
c.        Bekerja sebagai pemandu wisata
d.        Memberikan bantuan layanan transfer  keberangkatan/kedatangan
e.        Mengembangkan dan memelihara pengetahuan umum yang diperlukan oleh pemandu wisata
f.         Mengkoordinasikan dan  mengendalikan perjalanan wisata
g.        Memimpin rombongan wisata
h.        Menyiapkan dan mempresentasikan komentar pemanduan pada perjalanan wisata
i.          Mengelola perjalanan wisata lebih dari satu hari
j.         Mengalokasikan sumber dana perjalanan wisata
k.        Melakukan pengecekan  pra keberangkatan perjalanan wisata
l.          Menerima dan memproses reservasi
m.      Mengoperasikan  sistem reservasi komputer
n.        Menghitng harga dan menerbitkan tiket penerbangan domestik
o.        Menghitung harga dan menerbitkan penerbangan normal internasional

 


DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI 
Diagram pencapainan kompetensi program keahlian Usaha Jasa Pariwisata SMK Negeri 3 Bandar Lampung
Diagram ini menunjukkan tahapan  atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan  serta kemungkinan multi entri multi exit yang dapat diterapkan :

 
Keterangan
1.       Mengacu pada level kualifikasi pasa SKKNI Bidang Usaha Jasa Pariwisata, jenjang pendidikan SMK merupakan jenjang pendidikan dan level kualifikasi terendah, sehingga tidak dapat dilakukan multi exit รข€“ multi entry.
2.       Terdapat 7 (tujuh) kompetensi yang merupakan kompetensi umum yang mendasari kmpetensi-kompetensi lainnya yaitu PARUJPPKU01C, PARUJPPKU02C, PARUJPPKU03C, PARUJPPKU04C, PARUJPPKU05C, PARUJPUKK01C, PARUJPUAU01C.
3.       Durasi pembelajaran pada kompetensi umum tersebut merupakan durasi pembelajaran pengetahuan. Sedangkan pembelajaran keterampilan dan sikap dilakukan terintegrasi dengan kompetensi yang lain dan langsung sampai dengan akhir program pendidikan