KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA
Struktur Kurikulum
NO
|
KOMPONEN
|
DURASI
WAKTU (JAM)
|
A
|
A1. MATA PELAJARAN KELOMPOK NORMATIF
A1.1 Pendidikan Agama
A1.2 Pendidikan Kewarganegaraan
A1.3 Bahasa Indonesia
A1.4 Penjas, Olahraga dan Kesehatan
A1.5 Seni Budaya
|
228
228
228
228
152
|
A2. MATA
PELAJARAN KELOMPOK ADAPTIF
A2.1
Bahasa Inggris
A2.2
Matematika
A2.3 Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
A2.4 Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
A2.5 KKPI
A2.6
Kewirausahaan
|
456
456
228
152
228
228
|
|
A3. MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF
A3.1 Dasar Kejuruan Tata Busana
a.
Memberikan
layanan secara prima kepada pelanggan (Custumer Care)
b.
Melakukan
pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Custumer Care)
c.
Mengikuti
prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
|
78
|
|
A3.2 Kompetensi Kejuruan Tata Busana
a.
Menggambar
busana (Fashion Drawing)
b.
Melakukan
pengepresan (pressing)
c.
Menjahit
dengan mesin (Sewing)
d.
Menyelesaikan
busana dengan jahitan tangan (hand sewig)
e.
Membuat
hiasan busana (Embroidery)
f.
Melakukan
penyelesaian akhir busana
g.
Memilih/membeli
bahan baku busana sesuai dengan desain (material)
h.
Memotong
bahan (cutting)
i.
Mengukur
pelanggan sesuai dengan desain (pattern making)
j.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern making)
k.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern making)
l.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern making)
m.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik drapping (pattern making).
|
1748
|
|
B
|
MUATAN LOKAL
a.
Bahasa
Jepang
b.
Bahasa
Perancis
|
78
78
|
C
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
78
|
D
|
TOTAL
|
4872
|
Tujuan Program Keahlian Tata Busana
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan
dan sikap agar kopeten :
a.
Mengukur,
membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana
b.
Memilih
bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat
c.
Menggambar
macam macam busana sesuai kesempatan
d. Menghias busana sesuai desain
e. Mengelola usaha di bidang busana
Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Tata Busana
a. Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer Care)
b. Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang
beragam (Customer Care)
c. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan
keamanan dalam bekerja
Mata Pelajaran Kejuruan Tata
Busana
a.
Menggambar busana (Fashion
drawing)
b.
Melakukan pengepresan
(pressing)
c.
Menjahit dengan mesin (Sewing)
d. Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan ( hand
sewing)
e.
Membuat hiasan busana
(Embroidery)
f.
Melakukan penyelesaian akhir
busana
g.
Memilih/membeli bahan baku busana sesuai dengan
desain (material)
h.
Memotong bahan (cutting)
i.
Mengukur
pelanggan sesuai dengan desain (pattern Making)
j.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern Making)
k.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern Making)
l.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern Making)
m.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik drapping (pattern Making)
DIAGRAM
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Diagram pencapainan kompetensi program keahlian Tata
busana SMK Negeri 3 Bandar Lampung
Diagram ini menunjukkan
tahapan atau tata urutan
kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu
yang dibutuhkan serta kemungkinan multi
entri multi exit yang dapat diterapkan :
Keterangan:
KODE
|
KOMPETENSI
|
39 BUS.CM.CC.01.A
|
Memberikan pelayanan secara prima kepada
pelanggan
|
39 BUS.CM.CC.02.A
|
Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial
yang berbeda
|
39 BUS.CM.K3.03.A
|
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan
keamanan dalam bekerja
|
39 BUS.CM.FDR.04.A
|
Menggambar busana
|
39 BUS.CM.PRES.13.A
|
Melakukan pengepresan
|
39 BUS.CM.SEW.14.A
|
Menjahit dengan mesin
|
39 BUS.CM.MR 19.A
|
Memelihara alat jahit
|
39 BUS.CM.SEW.15A
|
Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan
|
39 BUS.CM.SEW.16A
|
Membat hiasan pada busana
|
39 BUS.CM.SEW..17A
|
Melakukan penyelesaian akhir busana
|
39 BUS.CM.MAT.11A
|
Memilih / membeli bahan baku busana
|
39 BUS.CM.CUT.12.A
|
Memotong bahan
|
39 BUS.CM.PAT.05.A
|
Mengkur tubuh pelanggan sesuai dengan desain
|
39 BUS.CM.PAT.07A
|
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi
|
39 BUS.CM.PAT.08.A
|
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi di atas
kain
|
39 BUS.CM.PAT.10.A
|
Membuat pola busana dengan teknik kombinasi
|
39 BUS.CM.PAT.09.A
|
Membuat pola busana dengan teknik drapping
|
39 BUS.CM.QC.18.A
|
Mengawasi mutui pekerjaan busana
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar